Cara Menghilangkan Komedo

Anda memiliki komedo dihidung? Atau dibagian wajah lainnya? Pasti menjengkelkan bukan karena kotoran wajah yang satu ini sangat susah untuk dihilangkan, perlu treatment tertentu agar dapat menarik keluar komedo. Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi, karena kami akan memberikan cara menghilangkan komedo secara alami yang aman, murah namun efektif.

Komedo juga menjadi masalah wajah yang sering dikeluhkan wanita bahkan pria. Bagaimana tidak, komedo dapat membuat wajah Anda terlihat kurang menarik dengan bintik-bintik komedo di permukaannya.

Komedo sejatinya ialah tumpukan lemak, ia muncul karena terdapat sumbatan di pori-pori yang berasal dari kotoran, minyak maupun sel kulit mati. Komedo dibagi menjadi dua jenis, yakni komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads) yang sama-sama dapat mengganggu penampilan Anda.

Cara menghilangkan komedo yang paling sering dilakukan orang mungkin dengan menggunakan sabun pembersih muka, dimana kebanyak produk seperti itu mengatakan bahwa ia dapat mengangkat komedo hingga bersih. Padahal nyatanya tidak semudah itu untuk bisa mencabut komedo dari pori-pori. Nah jika Anda ingin mengetahui cara menghilangkan komedo hitam atau putih yang efektif dan mudah, simak tips kesehatan dan kecantikan berikut ini.

CARA MENGHILANGKAN KOMEDO

1. PUTIH TELUR

Putih telur menjadi cara menghilangkan komedo secara alami dalam 1 hari yang bisa Anda coba, putih telur memiliki kandungan asam amino dan protein. Fungsi kedua senyawa ini adalah untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga mencegah produksi minyak berlebihan.

Berkurangnya produksi minyak dapat menekan munculkan komedo di kemudian hari. Kandungan lain yang terdapat pada putih telur ialah asam folat yang berguna untuk menghaluskan kembali kulit yang kasar karena komedo.

Meski bisa digunakan sebagai perawatan alami, kebanyakan orang tidak tahan dengan bau amis yang ditimbulkan putih telur sehingga enggan melakukannya. Nah kami memiliki cara untuk mengurangi bau amis dari putih telur.

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur:

  • Siapkan satu sampai dua butir telur kemudian pisahkan dari kuningnya.
  • Kocok putih telur sampai mengeluarkan buih dan berbentuk krim, tambahkan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk membantu mengangkat komedo dan mengurangi bau amis yang ditimbulkan putih telur.
  • Cuci bersih wajah Anda, jangan sampai ada sisa riasan atau kotoran yang tertinggal.
  • Steam atau uapi wajah Anda agar pori-pori wajah terbuka sehingga lebih banyak komedo yang terangkat. Caranya cukup dekatkan wajah Anda dengan air panas dan jangan sampai mengenai kulit wajah Anda.
  • Jika sudah siap, oleskan krim putih telur tadi ke permukaan wajah Anda hingga merata.
  • Jika dirasa sudah merata, tempelkan tisu pada permukaan wajah Anda, kemudian olesi dengan krim putih telur.
  • Anda bisa mengulangi langkah nomor 6 sebanyak dua sampai tiga kali, hal ini dilakukan agar lebih efektif mencabut komedo yang membandel.
  • Jika lapisan yang Anda buat dirasa sudah cukup, tunggu hingga masker tersebut kering dan membuat seluruh wajah Anda terawa kaku.
  • Apabila sudah siap dilepas, tarik perlahan masker putih telur yang menempel dari bagian bawah ke atas.
  • Jika masker sudah terlepas langkah terakhir adalah membilas wajah dengan air dan gunakan pembersih lembut untuk mengangkat sisa-sisa krim putih telur yang tertinggal.

Perawatan seperti ini bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah, bahan-bahannya pun murah dan mudah didapat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mengurangi jumlah komedo Anda secara signifikan. Perawatan masker putih telur ini sangat cocok diaplikasikan pada kulit berminat dan perpaduan antara kulit berminyak dan normal.

PUTIH TELUR

2. KAYU MANIS

Tidak hanya terkenal sebagai bumbu masakan, kayu manis ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan yang salah satunya dapat membantu membersihkan komedo. Kayu manis memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak bercahaya.

Penggunaan kayu manis sebagai pengangkat komedo bisa Anda kombinasikan dengan jeruk lemon, ia memiliki antibakteri yang baik untuk mengatasi komedo dan jerawat.

Cara menghilangkan komedo dengan kayu manis:

  • Siapkan satu sampai dua sendok makan bubuk kayu manis dan air perasan lemon, bisa juga menggunakan jeruk nipis.
  • Campur bubuk kayu manis dan air perasan jeruk lemon, kemudian tambahkan madu secukupnya agar menghasilkan pasta yang kental.
  • Aplikasikan pada bagian yang berkomedo, atau keseluruh wajah agar seluruh komedo dapat terangkat.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Perawatan menggunakan bahan utama kayu manis ini bisa Anda lakukan secara rutin, tiga sampai empat kali dalam seminggu untuk hasil yang memuaskan. Perawatan seperti ini juga cocok untuk karakter kulit berminyak, kulit normal atau kombinasi keduanya.

komedo kayu manis

3. LIDAH BUAYA

Lidah buaya atau aloe vera tidak hanya dapat digunakan untuk membuat pertumbuhan rambut lebih cepat dan subur, ia juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan. Dalam hal ini aloe vera dapat membantu membersihkan komedo di wajah Anda.

Selain itu jika Anda memiliki karakter wajah yang berminyak, menggunakan lidah buaya sebagai bahan perawatan akan sangat tepat, sebab tumbuhan ini dapat mengendalikan produksi minyak Anda. Tidak hanya membersihkan komedo dan mengurangi minyak di wajah, lidah buaya juga dapat menyingkirkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya:

  • Siapkan lidah buaya segar kemudian ambil gel dari daging lidah buaya.
  • Ekstrak gel yang didapat dari daun lidah buaya ini kemudian dioleskan ke permukaan wajah Anda.
  • Biarkan selama kurang lebih 10 menit, kemudia bilas wajah Anda dengan air hangat hingga bersih.

Jika Anda merasa cocok melakukan perawatan dengan lidah buaya, Anda bisa mengulangi perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Perawatan seperti ini juga cocok diaplikasikan untuk semua karakter kulit.

lidah buaya dari jerawat

 

4. KUNYIT DAN JUS MINT

Kunyit dipercaya sebagai salah satu obat herbal yang berkhasiat. Kunyit memiliki sifat antimikroba yang dapat menghilangkan bakteri yang ada di dalam pori-pori kulit. Selain itu ia juga memiliki sifat anti-inflamasi dan kandungan antioksidan yang mampu membantuk meningkatkan tekstur dan kesehatan kulit Anda. Sementara itu jus mint berfungsi untuk menenangkan serta memberikan efek dingin pada kulit.

Cara menghilangkan komedo dengan kunyit dan jus mint:

  • Siapkan 1 sendok makan bubuk kunyit dan 2 sendok makan jus mint segar
  • Campur semua bahan hingga merata sampai membentuk pasta
  • Oleskan pasta ke bagian yang berkomedo dan biarkan mengering kira-kira 10-15 menit
  • Bilas dengan air suam-suam kuku dan jangan lupa untuk melembabkan area kulit setelah perawatan

Anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali, dan perawatan ini cenderung cocok untuk semua jenis kulit.

akasia kunyit

5. LEMON DAN YOGURT

Perawatan melawan komedo selanjutnya adalah perpaduan lemon, yogurt dan madu. Air perasan lemon dapat mengangkat kotoran, mengencangkan pori-pori serta mencerahkan kulit. Yogurt berperan sebagai pelembab alami kulit sedangkan garam bertindak sebagai exfoliator kulit yang baik.

Cara menghilangkan komedo dengan lemon:

  • Siapkan masing-masing 1 sendok makan air perasan lemon, yogurt dan ½ sendok makan garam
  • Campur semua bahan dan aduk hingga rata
  • Oleskan masker ini ke area wajah secara merata, terutama bagian dengan komedo membandel
  • Biarkan selama 10-12 menit agar masker bisa bekerja dengan baik
  • Terakhir bilas wajah Anda menggunakan air hangat

Perawatan dengan lemon, yogurt dan garam ini cocok untuk semua jenis kulit dan bisa Anda lakukan setiap hari untuk hasil terbaik.

Lemon dan yoghurt dari jerawat

6. GULA DAN KOPI

Kopi adalah salah satu minuman yang memiliki sangat banyak penggemar diseluruh dunia. Sedangkan gula sudah menjadi bagian bahan perasa yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Namun ternyata perpaduan antara keduanya bisa menjadi scrub alami yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga wajah menjadi halus, mulus dan bebas dari komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan scrub gula dan kopi:

  • Larutkan 2 sendok makan bubuk kopi ke dalam air secukupnya
  • Tambahkan 1 sendok makan gula pasir
  • Aplikasikan scrub ke wajah yang sudah dibersihkan
  • Usapkan secara merata selama beberapa menit
  • Bilas dengan air bersih

gula dan kopi dari komedo

7. UAP

Sebenarnya menggunakan uap atau air panas adalah cara menghilangkan komedo putih maupun hitam yang paling dasar, sebab uap yang dikeluarkan oleh air panas akan membuka pori-pori sehingga kotoran yang berada di dalamnya lebih mudah keluar.

Cara melakukannya cukup sederhana, cukup masak air hingga mendidih lalu pindahkan ke wadah lain yang lebih mudah digunakan. Hadapkan wajah Anda tepat di atas air panas tersebut sedekat mungkin agar terkena uapnya dan biarkan selama beberapa menit. Hati-hati agar wajah atau bagian tubuh Anda lainnya tidak terkena air panas secara langsung.

uap komedo

 

8. FENUGREEK

Mungkin sebagian dari Anda tidak tahu apa itu Fenugreek. Fenugreek (Trigonella foenum-graecum), atau biasa disebut klabet adalah tumbuhan dari keluarga Fabaceae. Daun klabet ini dapat digunakan sebagai bahan baku obat herbal, sedangkan bijinya dapat digunakan sebagai rempah.

Fenugreek atau klabet sangat bermanfaat bagi tubuh, baik digunakan sebagai obat topikal (seperti di oles) maupun dikonsumsi secara langsung. Klabet memiliki kandungan antioksidan yang kuat, emolien dan sifat anti inflamasi, yang dapat membersihkan komedo secara efisien.

Cara menghilangkan komedo dengan fenugreek:

  • Siapkan satu cangkir daun fenugreek segar dan air secukupnya.
  • Giling atau haluskan daun fenugreek kemudian tambahkan air secukupnya untuk menghasilkan pasta halus.
  • Oleskan pasta fenugreek membuat lapisan tipis di daerah yang memiliki komedo.
  • Setelah kurang lebih 10 menit, bilas dengan air hangat hingga bersih.
  • Keringkan menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk lembut kemudian oleskan pelembab wajah.

Jika Anda merasa hasil dari perawatan ini cukup baik untuk kulit wajah Anda dan bisa menghilangkan komedo dengan efektif, Anda bisa mengulanginya satu atau dua kali dalam seminggu. Perawatan ini juga cocok di aplikasikan pada semua jenis kulit.

fenugreek melawan komedo

9. TOMAT

Siapa sangka ternyata tomat juga mampu membantu menghilangkan komedo membandel pada wajah. Tomat memiliki sifat antibakteri yang mampu mengeringkan dan membersihkan komedo, selain itu ia juga mengandun lycopene yang memberikan efek antioksidan kuat pada kulis sehingga bisa menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Perawatan kulit yang lengkap bukan?

Cara menghilangkan komedo dengan tomat:

  • Siapkan sebuah tomat segar, kemudian kupas kulitnya dan hancurkan dagingnya.
  • Oleskan dibagian wajah yang berkomedo sebelum tidur.
  • Biarkan semalam kemudian cuci dengan air bersih pagi harinya.
  • Anda bisa melakukan perawatan menggunakan tomat ini setiap malam jika dirasa hasilnya memuaskan, perawatan ini juga cocok untuk semua jenis kulit.

tomat dari komedo

10. STROBERI

Banyak yang menyukai buah merah dengan rasa asam manis ini, stroberi juga sering digunakan sebagai hiasan kue agar terlihat lebih cantik. Tetapi ternyata stroberi juga memiliki khasiat untuk menghilangkan komedo.

Sifat alkalinitas stroberi mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Stroberi merupakan exfoliant alami yang baik untuk kulit, selain itu buah dengan rasa asam manis ini juga kaya akan vitamin C yang dapat melembabkan kulit.

Cara menghilangkan komedo dengan stroberi:

  • Siapkan satu buah stroberi segar, ½ sendok teh madu dan ½ sendok teh air perasan lemon.
  • Hancurkan stroberi dan tambahkan kedua bahan lain ke dalamnya, campur dengan baik hingga membentuk pasta kasar.
  • Oleskan pasta ini ke permukaan kulit wajah Anda dan biarkan selama kurang lebih 15-20 menit.
  • Bila sudah, bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

Selain cocok untuk diterapkan pada semua jenis kulit wajah, perawatan menggunakan stroberi ini juga bisa Anda ulang beberapa hari sekali bila memang hasilnya cukup memuaskan untuk Anda.

stroberi dari jerawat

11. PEPAYA

Tidak hanya sehat untuk pencernaan, pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi komedo. Pepaya mengandung vitamin A, C dan E yang akan membantu melembabkan dan menutrisi kulit Anda. Buah ini juga dapat menyingkirkan sel kulit mati, membersihkan kotoran serta menghilangkan komedo di wajah.

Cara menggunakan pepaya untuk mengatasi komedo sangat sederhana, cukup haluskan pepaya matang dan gunakan sebagai masker wajah selama kurang lebih 30 menit. Coba gunakan cara ini secara rutin untuk merawat dan membersihkan wajah dari komedo.

Pepaya dari komedo

12. MADU

Cara tradisional menghilangkan komedo selanjutnya adalah dengan menggunakan madu, Anda juga bisa menambahkan gula pasir dan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis.

Seperti yang kita ketahui, madu memang memiliki banyak sekali manfaat dan sudah digunakan sebagai sarana pengobatan selama berabad-abad lamanya. Sedangkan bahan lainnya yakni air lemon dan gula, masing-masing memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit dan exfoliant.

Cara menghilangkan komedo dengan madu:

  • Siapkan satu sendok makan madu alami/asli, satu sendok air perasan jeruk lemon/nipis dan satu sendok gula pasir.
  • Campur semua bahan yang sudah tersedia hingga merata, kemudian oleskan pada kulit wajah Anda.
  • Diamkan selama 10-15 menit, terakhir bilas dengan air hangat.

Scrub ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, untuk meraih hasil yang maksimal Anda bisa menggunakannya setiap hari hingga komedo benar-benar hilang.

komedo madu

13. ASPIRIN

Tablet aspirin memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada area kulit yang terdapat komedo. Selain akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan komedo, aspirin juga dapat mengecilkan pori-pori kulit dan mencegah munculnya jerawat dan komedo di kemudian hari.

Cara menghilangkan komedo dengan aspirin:

  • Siapkan 3-4 tablet aspirin dan sedikit air
  • Hancurkan tablet aspirin hingga lembut dan tambahkan air secukupnya sampai membentuk pasta
  • Apabila Anda memiliki jenis kulit kering, tambahkan beberapa tetes minyak almond. Sedangkan jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, ganti minyak almond dengan beberapa tetes air perasan lemon
  • Terapkan pasta aspirin ini pada area kulit yang memiliki komedo dan biarkan selama 10-12 menit
  • Setelah itu bilas menggunakan air dan gunakan pelembab wajah untuk melembabkan area tersebut

Anda bisa menerapkan masker aspirin ini maksimal 2 kali seminggu. Perawatan ini cocok untuk semua jenis kulit tergantung bahan tambahkan yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit Anda.

aspirin komedo

14. SUSU

Menerapkan susu sambil memberikan gosokan lembut pada area kulit dengan komedo bisa membantu menyingkirkannya. Susu mengandung asam laktat yang dapat memeceh sel kulit mati di permukaan kulit dan membersihkannya.

Cara menghilangkan komedo dengan susu:

  • Siapkan susu mentah (RAW milk)
  • Usapkan susu ke daerah yang kulit dengan komedo dan gosok perlahan
  • Jika dirasa cukup, bilas menggunakan air hangat

Cara ini cocok diterapkan untuk sebagian besar jenis kulit dan bisa Anda lakukan setiap hari sampai komedo berkurang atau hilang. Namun perlu diingat untuk menghindari perawatan ini jika alergi terhadap produk susu.

susu dari komedo

15. TEH HIJAU

Teh hijau adalah tanaman atau minuman yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu membersihkan kulit serta membuatnya tampak lebih bercahaya. Ia dapat menyerap kotoran dan membersihkan komedo dengan cepat.

Cara menghilangkan komedo dengan teh hijau:

  • Siapkan 1 sendok daun teh hijau kering dan air secukupnya
  • Haluskan daun teh hijau sampai menjadi bubuk lalu tambahkan dengan air secukupnya sampai membentuk pasta
  • Oleskan pasta teh hijau ke wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit
  • Bilas wajah Anda dengan air suam-suam kuku, tepuk-tepuk untuk mengeringkan kemudian gunakan pelembab

Anda bisa mengulangi perawatan kulit wajah dengan teh hijau ini seminggu sekali atau sesuai kebutuhan Anda. Selain itu perawatan ini juga cocok untuk semua jenis kulit, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir akan efek samping.

TEH HIJAU dari komedo

16. MINYAK KELAPA

Siapa yang menyangka, minyak kelapa bisa menjadi bahan pembersih komedo secara alami. Selain itu minyak kelapa juga akan memberikan nutrisi pada kulit Anda dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati lebih cepat sehingga kulit tampak bersih dan bersinar.

Cara menghilangkan komedo dengan minyak kelapa:

  • Siapkan beberapa tetes minyak kelapa murni (VCO)
  • Oleskan minyak kelapa ke area wajah yang berkomedo dan pijat dengan lembut
  • Biarkan minyak kelapa terserap secara alami ke dalam kulit

Perawatan kulit menggunakan minyak kelapa ini baik digunakan setiap sebelum tidur dan cocok untuk jenis kulit kering atau kombinasi.

Coconut komedo

 

17. MINYAK JARAK

Sebagian orang sudah menggunakan minyak jarak sebagai bahan pembersih kulit alami. Hal ini karena manfaatnya untuk membersihkan kotoran pada kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebab penyumbatan pori dan mengakibatkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan minyak jarak:

  • Usapkan minyak jarak pada wajah yang sudah dibersihkan sambil dipijat selama 1-2 menit
  • Biarkan minyak jarak mengering
  • Jika Anda merasa tidak nyaman karena terlalu lengkep, Anda bisa membersihkan minyak jarak berlebih dari wajah Anda menggunakan kapas setelah 15-20 menit.

Perawatan ini baik dilakukan setiap malam sebelum tidur. Sedangkan jenis kulit yang cocok untuk perawatan ini adalah kulit kering dan kombinasi.

 MINYAK JARAK komedo

18. MINYAK JOJOBA

Minyak jojobar merupakan minyak esensial yang sangat mirip dengan minyak alami kulit. Mengaplikasikan minyak jojoba pada kulit wajah dapat menurunkan produksi sebum berlebih yang mengakibatkan penyumbatan pori. Selain itu ia juga dapat membuka pori-pori agar lebih mudah menyingkirkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan minyak jojoba:

  • Siapkan beberapa tetes minyak jojoba
  • Bilas wajah Anda dengan air hangat lalu keringkan
  • Usapkan minyak jojoba pada kulit sambil dipijat selema beberapa menit
  • Diamkan selama 5-10 menit
  • Terakhir bilas lagi dengan air hangat hingga bersih

Anda juga bisa menambahkan 1-2 tetes tea tree oil untuk perawatan ini. Perawatan ini cocok untuk jenis kulit kering dan kombinasi, dan bisa Anda lakukan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

minyak jojoba komedo

19. KACANG KEDELAI

Kacang kedelai dikenal sebagai kacang yang sehat karena menjadi sumber protein nabati, selain itu ia juga mengandung vitamin A, B kompleks, E, fosfor, magnesium, kalsium dan zat besi.

Kacang kedelai juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah proses penuaan dini. Karenanya, menggunakan kacang kedelai sebagai masker wajah secara rutin dapat menjaga kesehatan kulit dan mengatasi masalah kulit berminyak dan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan kacang kedelai:

  • Siapkan kacang kedelai secukupnya lalu rendam selama 1 hari
  • Bersihkan kacang kedelai yang sudah direndam lalu blender sampai halus tanpa air
  • Aplikasikan kacang kedelai yang sudah diblender sebagai masker wajah
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit

Bersihkan wajah menggunakan air hangat

Kacang kedelai komedo

20. BAKING SODA

Baking soda bisa menjadi exfoliant kulit yang baik untuk mengangkat kotoran di permukaan wajah, selain itu baking soda bisa bertindah sebagai antibakter dan antijamur. Menggunakan baking soda merupakan salah satu cara menghilangkan komedo hitam atau putih yang bisa Anda coba.

Cara menghilangkan komedo dengan baking soda:

  • Siapkan satu sendok makan baking sodan dan 1 sendok makan air.
  • Campurkan kedua bahan tersebut sampai membentuk pasta.
  • Terapkan pasta baking soda yang sudah dibuat pada area yang berkomedo.
  • Biarkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat.

Anda bisa menambahkan perasan air lemon ke dalam pasta baking soda untuk menambah manfaat pasta yang dibuat. Untuk frekuensinya, perawatan ini dapat Anda ulangi setiap hari sampai komedo benar-benar hilang dari wajah. Perawatan menggunakan baking soda ini cocok di aplikasikan pada jenis kulit wajah berminyak dan kombinasi.

soda komedo

21. AIR GARAM

Untuk Anda yang cukup sabar dalam membersihkan komedo, cobalah air garam. Selain dapat mengangkat komedo jika dilakukan secara rutin, mencuci kulit wajah menggunakan air asin juga dapat menghilangkan kelebihan minyak. Air garam juga memiliki sifat antibakteri ringan sehingga wajah bisa benar-benar bersih dari kotoran dan bakteri.

Cara menghilangkan komedo dengan air garam:

  • Siapkan 1-2 sendok makan garam dan air secukupnya
  • Larutkan garam ke dalam air dan cuci wajah Anda
  • Anda bisa mencuci wajah menggunakan air garam beberapa kali sehari, cara ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi. Apabila Anda memiliki jenis kulit kering dan ingin mencoa perawatan ini, gunakan pelembab setelah mencuci wajah.

Perlu diperhatikan untuk menghindari bagian mata atau bagian sensitif lain pada wajah agar tidak menimbulkan iritasi. Jika terkena mata bilas menggunakan air mengalir hingga bersih.

air garam komedo

22. CUKA APEL

Cuka apel memang menjadi solusi alternatif untuk mengatasi sejumlah masalah kulit. Cuka apel memiliki sifat antibakteri yang akan membunuh bakteri pada kulit serta memberihkan pori-pori dan mengurangi komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan cuka apel:

  • Siapkan beberapa tetes cuka apel dan bola kapas
  • Oleskan cuka apel ke wajah menggunakan bola kapas dan biarkan mengering
  • Bilas wajah Anda menggunakan air hangat

Perawatan kulit wajah ini cocok untuk semua jenis kulit dan bisa Anda lakukan setiap hari. Jika Anda memiliki jenis kulit yang cenderung sensitif, encerkan cuka apel dengan menambahkan air secukupnya.

Cuka apel dari komedo

 

23. PASTA GIGI

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi mungkin menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan. Pasta gigi dinilai mampu membantu membersihkan komedo, mint pada pasta gigi akan membuka pori-pori wajah yang tersumbat dan membunuh bakteri yang ada.

Anda juga akan memerlukan es batu untuk melakukan perawatan ini, gunanya untuk menutup pori-pori yang sudah bersih untuk mencegah kotoran masuk.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi:

  • Siapkan pasta gigi mint, air dan es batu secukupnya.
  • Oleskan pasta gigi ke bagian yang berkomedo, biasanya hidung lalu tunggu hingga kering.
  • Lalu oleskan berikan beberapa tetes air di atas pasta gigi yang mengering sambil memijat lembut dengan gerakan melingkar selama beberapa menit.
  • Bila dirasa cukup, bilas wajah Anda dengan air kemudian gosokan es batu ke area tersebut.

Pastikan untuk menggunakan pelembab kulit setelah melakukan perawatan ini. Perawatan ini cocok di aplikasikan pada semua jenis kulit dan dapat Anda ulangi setiap hari sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

pasta gigi dari komedo

24. EXFOLIANT

Exfoliant adalah proses pengelupasan kulit dengan menggunakan scrub atau masker dengan mengekstraksi sel kulit mati dari akarnya. Proses ini sangat bagus di aplikasikan pada kulit yang berminyak dan kering.

Anda bisa melakukan perawatan ini dengan media oatmeal, oatmeal merupakan media exfoliant yang baik dan memiliki sifat anti inflamasi. Manfaat minyak zaitun dan manfaat yogurt juga dibutuhkan dalam perawatan ini untuk membuat kulit Anda sehat dan bersinar, terakhir tambahka air perasan lemon untuk membunuh bakteri dan menghilangkan noda pada kulit wajah.

oatmeal dari komedo

Cara menghilangkan komedo dengan exfoliant:

Bahan:

  • 2 sendok makan oatmeal.
  • 2 sendok makan yogurt plain.
  • 1 sendok makan air perasan lemon.
  • 1 sendok makan minyak zaitun.

Cara:

  • Campurkan oatmeal dan yogurt plain, lalu tambahkan air perasan lemon dan minyak zaitun dan aduk hingga merata.
  • Setelah menjadi pasta halus, aplikasikan pada wajah.
  • Diamkan selama 10-15 menit lalu cuci dengan air dingin.
  • Anda bisa menggunakan masker exfoliant ini setiap dua atau tiga hari sekali, perawatan ini cocok di aplikasikan untuk semua jenis kulit.
  • Coba salah satu cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen di atas yang Anda rasa mudah untuk dilakukan secara rutin. Bersihkan tangan dan wajah Anda sebelum melakukan perawatan kulit ini.
  • Selain itu Anda juga perlu melakukan uji alergi pada kulit, karena tidak semua jenis kulit cocok untuk melakukan salah satu cara menghilangkan menghilangkan komedo secara alami di atas. Cukup usapkan sedikit pada bagian kulit Anda sebelum menerapkannya pada kulit wajah Anda.
  • Terakhir, karena semua perawatan di atas terbilang alami dan dilakukan secara manual, Anda harus bersabar dan melakukannya secara rutin sesuai dengan anjuran. Dengan demikian komedo membandel di wajah Anda akan hilang secara perlahan dan akhirnya bersih. Penting juga untuk menjaga kebersihan wajah serta pola makan agar komedo tidak kembali dan merusak penampilan menawan Anda.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *